Minggu, 25 Januari 2009

Billing Warnet Open Source

Ekonomi dan BisnisBaliwae baru saja merilis Billing Open Source (BiOS). BiOS Baliwae adalah billing yang diistimewakan untuk warnet berbasis Linux (meski dapat juga berjalan di hampir semua sistem operasi lainnya). Source code terbuka (open source), dan sepenuhnya FREE :). Dibuat dari scratch dan bukan turunan atau pengembangan dari aplikasi sejenis lainnya.



BiOS berbasis web - PHP dan MySQL dan berjalan diatas aplikasi webserver seperti Apache atau Monkey Server / Lighttpd, dsb. Menggunakan konsep Client - Server. Aplikasi Server dapat dipasang di proxy internet. Client dapat memantau durasi pemakaian dan biaya yang dikeluarkan via browser, seperti misalnya menggunakan aplikasi firefox dengan modifikasi otomatis (seperti pengaturan jendela dan sebagainya) oleh BiOS. BiOS telah menerapkan konsep AJAX dalam aplikasinya. Administrator dapat menetapkan aturan biaya koneksi per durasi waktu disampaing fitur sekuriti dsb. Sementara Operator dapat memonitor biaya yang harus dibayarkan client, memulai, menghentikan dan mereset billing client termasuk mencetak bill/nota untuk pelanggan. Demikian juga Client dapat memantau biaya yang sudah dihabiskannya.

Tidak ada kebutuhan khusus, karena semua aplikasi pendukung telah disertakan di kebanyakan distro mayor saat ini.

Agar optimal pastikan anda memiliki: client dan server linux (php + mysql + webserver) :D, browser firefox di client, untuk operator bisa menggunakan firefox atau juga konqueror dsb.

Versi development saat ini: BiOS versi Miracle 1.0

Download / lihat screenshotnya di: http://bios.baliwae.com/

1 komentar: